Jumat, 12 April 2013

UTS 2012/2013


1. Perencanaan tugas observasi

1.       Tema : belajar bahasa inggris
2.       Hari dan tanggal : sabtu, 6 april 2013
3.       Tempat : rumah Okto (Jl. Balam 36A)
4.       Peserta : 5 orang
5.       Alat dan bahan :
·         Pensil (5 buah)
·         Pensil mewarnai
·         Penghapus (5 buah)
·         Rautan (5 buah)
·         Kertas
·         Modul
·         Kamera
·         laptop
·         Reward (coklat &minuman)
·         Meja
·         Kursi

6.       Proses pengajaran :
·         Perkenalan
·         Penjelasan seputar bahasa inggris (simple present tense)
·          Menggambar dan mewarnai
·         Bercerita mengenai hasil yang peserta gambar

Winda  sebagai pengajar 1
Okto sebagai pengajar 2
Rajief sebagai dokumenter

PEDAGOGI PRAKTIS ABAD KE-21
Pedagogi tidak hanya berbicara mengenai seni dan ilmu mengajar, melainkan juga mendorong banyak orang untuk melakukan redesain dan pemahaman ulang atas bagaimana menggunakannya untuk merumuskan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kebutuhan zaman. Pedagogi tidak sekedar harus dipahami, melainkan juga bagaimana cara mengaplikasikannya.
Pada proses pengajaran kami kali ini,kami mengambil tema mengenai belajar bahasa inggris.kami mengambil tema tersebut karena pada zaman sekarang bahasa inggris merupakan hal yang sangat penting pada system pendidikan di Indonesia.  Ada beberapa hal yang kami lakukan terkait dengan pedagogi abad 21,  dimana kami mengajarkan mereka menggunakan modul agar lebih mudah di pahami oleh peserta didik. Kami juga menyuruh mereka untuk menggambar dan memberikan nama pada gambar tersebut dan juga memberikan kalimat sesuai dengan apa yang kami ajarkan sebelumnya agar dengan mudah mereka memahami pembelajaran tersebut.


2.  hasil observasi

ketika sampai pada hari pelaksanaan tugas,ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan perencanaan kami, yaitu dimana peserta didik yang harusnya dalam perencanaan kami berjumlah 5 orang, hanya 2 orang yang hadir. Kedua pesrta didik itu bernama Febby dan Aga.  Walaupun awalnya sedikit agak sulit untuk meberikan pengajaran kepada mereka

Dari sisi peserta didik :

Aga
       -    Ketika perkenalan iya menunduk dan menggelengkan kepala
        -  Ketika diberi penjelasan matanya memandang lurus kea rah pengajar, sesekali dia menggaruk kepalanya
        - Ketika ditanya dia menyukai gambar apa, dia mengatakan bahwa dia menyukai pesawat
        - Ketika disuruh menggambar hal disukainya tersebut, dia tidak mau,namun ketika diberi gambar pesawat, dia mulai menggambar
        - Ketika menggambar, sesekali dia menempelkan pensil didagunya
        - Dia juga mengibas-ngibaskan kertasnya
        - Ketika selesai menggambar,dia berjalan kesana kemari,sesekali dia melihat keluar rumah melalui jendela
        -  Ketika dia diminta untuk menceritakan, dia menggelengkan kepalanya

Febby
        - Ketika perkenalan, dia bersembunyi di belakang winda sambil mengintip
        - Ketika diberi penjelasan, matanya serius memperhatikan sambil tersenyum
        - Ketika ditanya dia menyukai gambar apa,dia mengatakan bahwa dia menyukai Jerry (tikus pada kartun tom&jerry) dan dia mengatakan tidak menyukai Tom
        - Ketika disuruh menggambar hal yang disukainya tersebut, dia langsung mengambil pensil
        - Ketika dia diminta untuk menceritakan gambarnya, dia menggelengkan kepala sambil tersenyum, namun kemudian dia menceritakannya


Dari sisi pengajar :

Winda
         - Sedikit tersenyum ketika mengajar
         - Sesekali badan winda bergerak kekiri dan kekanan
         - Tangan winda lebih aktif bergerak ketika mengajar

Okto
         - Membujuk aga dengan mengelus kepala Aga
         - Sesekali okto mencubit pipi Aga
         - Duduk di samping Aga

Rajip
         - Mendokumentasi proses pengajaran dengan memgang kamera
         - Berjalan kesana kemari
         - Mempersiapkan sarana dan prasarana

Interpratasi:
Meskipun  pada awalnya kedua anak malu-malu, namun pada akhirnya mereka mengikuti proses belajar dengan baik. Terlihat mereka sedikit kebingungan dengan materi yang di sampaikan, terutama aga dimana dia beberapa kali menggaruk kepalanya. Namun lain halnya dengan febby dia seperti sudah memahami materi tersebut dimana dia tersenyum ketika di beri penjelasan.


Pedagogi, TIK, dan Fenomena Kontemporer
Pada proses pengajaran kami, kami berusaha menciptakan lingkungan senyaman mungkin untuk menciptakan pembelajaran yang efektif. Kami juga menyediakan sarana dan prasarana seperti modul, laptop untuk merangsang imajinasi mereka. Kami mencoba menciptakan proses pembelajaran yang baru dimana kami menyuruh mereka untuk menggambarkan apa yang mereka sukai dimana hal ini tidak mereka dapatkan di sekolah.


3. Pandangan mengenai pembelajaran perkuliahan pedagogi

menurut saya pembelajaran pedagogi pada fakultas psikologi USU telah mengikuti prinsip-prinsip pedagogi yaitu :
1. kesatuan karakter ilmiah dan idiologis dari proses pedagogis
2. prinsip hubungna sekolah dan kehidupan
3. kombinasi karakter kolektif dan individual pendidikan srta penghormatan terhadap karakter kepribadian siswa
4. kesatuan pengajaran pendidikan dan perkembangan proses
5. domain kognitif dan afektef tidak kering
6. subsistem aktifitas komunikasi dan kepribadian saling terkait satu sama lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar